Searching...

pulau harapan

Pulau harapan adalah salah satu pulau yg dahulunya terdapat di daerah jakarta utara tapi sekarang sudah menjadi dalam wilayah kepulauan seribu, di daerah jakarta tepatnya di kepulauan seribu masih banyak Pulau-Pulau yang membuka wisata untuk menikmati ke indahan alamnya,, salah satunya Pulau Harapan, Pulau Harapan memiliki ke indahan alam yang sangat indah, pulau harapan kepulauan seribu salah satunya adalah tempat yang sangat cocok untuk berlibur, bersama keluarga dan teman-teman anda.

Jumlah penduduk Pulau Harapan mencapai 2.200 jiwa atau 770 KK. Mata pencahariaan utama penduduk adalah nelayan. Penduduk Pulau Harapan pada umumnya merupakan penghuni turun-temurun yang sudah menghuni pulau ini sejak ratusan tahun. Mereka terdiri dari beberapa etnis seperti Jawa, Sunda, Bugis, Makassar dan sejumlah etnis lainnya yang sudah berinteraksi sejak lama dan mengalami asimilasi melalui perkawinan. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Indonesia dengan sedikit aksen yang khas.

Melihat potensi yang ada, pariwisata merupakan masa depan perekonomian Pulau Harapan. Tetapi untuk saat ini, pariwisata di Pulau Harapan belum mendapatkan perhatian serius dan belum digarap dengan baik. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan yang masih kalah dibandingkan dengan pulau lain di kepulauan seribu yang sudah lama dijadikan destinasi wisata seperti Pulau Pramuka dan Pulau Tidung misalnya. Padahal, potensi wisata Pulau Harapan tidak kalah menarik dan sangat potensial.

Selain itu Pulau Harapan adalah pulau yang berdekatan langsung dengan Bandar udara Kepulauan Seribu yang terletak di pulau panjang. di pulau ini pula terdapat sebuah makam salah satu – tokoh yang masih memiliki kekerabatan dengan kesultanan banten, yaitu Syeikh Mahmud Bin Zakaria. jika anda mau, anda dapat melakukan ziarah ke pulau ini.

Kondisi alam disekitar Pulau Harapan masih terjaga sehingga masih banyak ditemukan ikan maupun karang hias yang masih alami. selain itu, Spot snorkling dan diving nya jauh lebih bagus, sehingga sangat mungkin Pulau Harapan akan menjadi tujuan wisata yang sangat diminati.

Wisata ke Pulau Harapan juga memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dengan wisata ke pulau pari ataupun pulau tidung. Dengan begitu indahnya pesona pulau harapan sehingga banyak pulau wisatawan asing maupun lokal yang berbondong – bondong berkunjung kesana. Rugi jika anda tidak mengunjungi wisata ini. Karena memiliki banyak keindahan alam tak tergantikan.


 
Back to top!