Searching...

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka menjadi salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang cukup berkembang dalam hal pariwisata.  Tercatat sejak tahun 1996 beberapa fasilitas wisata yang ada di Pulau Pramuka sudah mulai lengkap seperti hotel atau penginapan, kapal laut sebagai transportasi utama, fasilitas hiburan seperti snorkling ataupun scuba diving, rumah-rumah makan di pinggir pantai, rumah sakit, tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

Yang menarik dari Pulau Pramuka ini adalah di sini terdapat tempat penangkaran Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata). Penyu Sisik di Pulau Pramuka memang sengaja dirawat dan dikembangbiakkan untuk menjaga populasinya agar tidak punah. Terutama telur-telur penyu ini yang biasanya menjadi sasaran pemburu liar. Jika anda ingin melihat penangkaran Penyu Sisik, melihat bagaimana cara mereka mengembangbiakkan Penyu Sisik, anda bisa datang ke tempat ini dengan menemui Bapak Salim, Pengunjung bisa bersentuhan langsung dengan bayi-bayi penyu yang ada disini. Setelah cukup umur baru penyu-penyu ini dilepas di habitat aslinya yaitu laut. Penyu sisik termasuk hewan yang terancam punah sehingga pemerintah dan masyarakat Pulau Pramuka ini sangat mendukung upaya pelestarian satwa yang bisa hidup sampai puluhan tahun ini.

Tidak puas dengan itu, sobat bisa mencoba mengelilingi pantai di pulau Pramuka ini dengan menggunakan kayak yang bisa disewa seharga 50 ribu rupiah per jamnya. Atau sobat dapat memancing di spot-spot memancing yang banyak di huni ikan-ikan besar disini.

Satu lagi yang membuat kita akan betah disini adalah keramahtamahan penduduknya. Mereka sering membantu, menyapa, dan tersenyum kepada para wisatawan, karena memang sudah menjadi kebiasaan disana.


 
Back to top!