Searching...

pulau tunda

Siapa yang tidak kenal dengan Kepulauan Seribu. Disini terdapat ratusan pulau-pulau dengan keindahan dan kekhasannya masing-masing. Beberapa tahun terakhir Kepulauan Seribu menjadi salah satu tempat wisata pulau, pantai dan laut favorit warga Jakarta. Selain tempatnya yang cukup dekat dari kota Jakarta, keindahan dan variasi wisata lautnya cukup untuk menghibur dan mengisi waktu luang warga yang mungkin tidak memiliki waktu banyak untuk berkunjung ke pulau-pulau yang jauh di propinsi atau daerah lain seperti pulau tunda.

Di Pulau Tunda Secara administratif terdapat 1 desa yaitu Desa Wargasara. Nama Desa tersebut diartikan sebagai Desa yang warganya taat kepada hukum, Wargasara adalah sebuah nama Desa yang diberikan oleh Almarhum tokoh masyarakat dikala itu yang bernama H. Mohammad Toha yang menjabat sebagai kepala desa. Desa ini terdiri atas 2 dusun yakni Kampung Barat dan Kampung Timur. Pekerjaan penduduk desa umumnya adalah buruh nelayan, bercocok tanam palawija, dan sebagian kecil sebagai pedagang perantara.

Pulai Tunda sebenarnya sudah dapat dijadikan objek pariwisata yang sangat menarik untuk dikaji. Keindahan pantai dan lautnya belum dieksplore lebih jauh. Padahal kegiatan berlayar dengan pemandangan laut dan lumba-lumba, memancing, snorkeling, diving, melihat sunset dan sunrise adalah potensi wisata yang menarik. Hanya sedikit investor yang melakukan investasi atau melakukan kegiatan usaha industri pariwisata di Pulau Tunda. Sehingga pemerintah daerah harus terus menggali potensi menarik ini yang belum terjamah.

Untuk mencapai Pulau Tunda, wisatawan bisa melakukan perjalanan melalui Tol Kebon Jeruk-Merak dan keluar di pintu Tol Serang Timur. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke dermaga kecil bernama Karang Hantu.

Jangan pernah menunda ke Pulau Tunda, pulau indah yg bisa dikatakan surganya buat snorkling, nemo2 yg banyak bermunculan menandakan begitu bersihnya laut di sekitar pulau ini, karena sedikitnya orang yg mengetahui dan terbatasnya peserta utk berkunjung ke pulau ini tentu menambah ke asri-an pulau yg masih alami


 
Back to top!